Info Terbaru
Friday, 19 Apr 2024
  • Vlog Ramadhan Pengasuh Tersedia Pada Kanal Youtube Santri Kita
2 September 2022

Ketika Mas Menteri Sandiaga Berbagi Kisah Dengan Ribuan Santri Junwangi

Friday, 2 September 2022 Kategori : Kegiatan Pesantren

“Akan ada kunjungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jum’at ini. Mari kita siapkan yang terbaik”, begitu kurang lebih pengumuman di hari Kamis, sesaat setelah doa pagi sebelum masuk kelas. Tentunya kami sangat bersyukur, bangga, dan terharu. Mas Menteri Sandiaga Uno yang sering kami saksikan di layar kaca dan platform media sosial sebentar lagi akan kami lihat lebih dekat. Dan hal tersebut nyata terlaksana pada hari Jum’at, 2 September 2022.

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA.,MBA. melakukan rangkaian kunjungan di Jawa Timur, salah satunya di Pesantren Modern Al Amanah. Kunjungan tersebut juga dalam rangka melihat secara langsung terlaksananya pelatihan Santri Digitalpreneur Indonesia yang bertempat di Pesantren Modern Al Amanah. Santri Digitalpreneur Indonesia merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai wadah pelatihan dan peningkatan kapasitas santri sebagai generasi milenial dalam menghadapi tantangan industri kreatif. Sebagai puncak tujuannya adalah nantinya santri bisa menjadi produsen informasi dan literasi penggerak konten kreatif serta produk bermutu bernilai Islami. Hadir sebagai peserta dalam pelatihan tersebut sebanyak 50 santri dari perwakilan pesantren di Jawa Timur.

Kembali ke rangkaian kunjungan Mas Menteri di Pesantren Modern Al Amanah. Beliau tiba di pesantren di sore hari, selepas salat ashar. Kedatangan Mas Menteri dan rombongan disambut hangat oleh Bapak Pengasuh, Wakil Bupati Sidoarjo, serta stake holder pesantren. Selain itu, tampak pula ustadz Zaky Mirza yang sering kita saksikan pula di televisi, turut menyambut kedatangan Mas Menteri. Ustadz Zaky Mirza sendiri hadir sebagai salah satu mentor di pelatihan Santri Digitalpreneur Indonesia.

Bapak Pengasuh bersama Ustad Zaky Mirza

Kali pertama Mas Menteri memasuki gerbang Pesantren, beliau melihat ada beberapa santri yang bermain basket. Beliau tidak mau ketinggalan keseruan bermain basket. Alhasil, beliau turut bermain basket bersama para santri. Setelah itu, beliau melihat keseruan para santri putri yang tergabung dalam tim Pramuka sedang melakukan parade. Selain itu, beliau juga sempat menilik mobil perpustakaan keliling. Sesaat sebelum memasuki Aula Siti Zahra, Mas Menteri menikmati shalawat banjari yang dialunkan oleh santri putra.

Dan, saat yang dinanti telah tiba. Beliau melambaikan tangan sembari mengucapkan salam hangat kepada ribuan santri yang setia menunggu kedatangan beliau di Aula Siti Zahra. Setelah Bapak Pengasuh memberikan kalimat sambutan selamat datang, giliran Mas Menteri menyampaikan sambutan. Beliau dengan gaya khasnya menuturkan cerita inspiratif perjalanan hidup beliau hingga mencapai titik ini. Jangan ditanya bagaimana reaksi para santri. Mereka seakan terhipnotis dengan cerita inspiratif yang disampaikan oleh Bang Sandi. Sambutan beliau diakhiri dengan menjawab dua pertanyaan dari santri.

Selepas mengisi acara di Aula Siti Zahra, beliau beranjak menuju kantor Siti Zahra untuk melaksanakan podcast bersama Bapak Kyai. Selanjutnya, beliau berkenan mencicipi hidangan yang disuguhkan oleh Ibu Nyai di ruang ramah tamah dilanjutkan dengan melihat secara langsung proses pelatihan Santri Digitalpreneur Indonesia.

Meskipun singkat, kunjungan beliau akan tercatat melekat dalam ingatan para santri. Terimakasih Mas Menteri Sandiaga Uno, telah memberi kesempatan kepada Pesantren Modern Al Amanah sebagai tuan rumah penyelenggaraan pelatihan nasional. Tentu ini akan menjadi pengalaman berharga buat kami.

No Comments

Tinggalkan Komentar