Info Terbaru
Saturday, 27 Jul 2024
  • Vlog Ramadhan Pengasuh Tersedia Pada Kanal Youtube Santri Kita
6 January 2024

Dewan Santri, Laboratorium Kepemimpinan

Saturday, 6 January 2024 Kategori : Kegiatan Pesantren

Sabtu, 11 November 2023 organisasi kesantrian di pesantren kembali melantik pengurus baru periode 2023-2024. Dewan Santri Al Amanah atau yang lebih akrab disebut DENTRI menjadi laboratorium kepemimpinan di Pesantren Modern Al Amanah.

Seperti halnya yang kita ketahui bahwa pesantren selain tempat belajar ilmu agama dan pengetahuan, pesantren juga merupakan tempat penggemblengan karakter santri. Salah satu karakter yang terus diasah di pesantren adalah kepemimpinan. Ada banyak multitafsir kenapa santri kok diminta handle roda aktivitas para santri di pesantren?mereka kan harusnya belajar dan lain sebagainya. Tapi kita lupa bahwa esensi sebenarnya dari sebuah pendidikan adalah pembiasaan. Program pembiasaan tersebut hanya bisa diperoleh melalui kegiatan praktik lapangan. Melalui DENTRI para santri belajar mengkonsep sebuah kegiatan, melakukan koordinasi dan komunikasi, belajar administrasi, dan evaluasi.

Bapak pengasuh menyampaikan pengalaman beliau yang pernah menjadi sekretaris Dentri di jaman beliau mondok. Beliau menyampaikan di hadapan para santri melalui pesan nasihat pada saat acara pelantikan, pengalaman yang menurut beliau sebentar itu, ternyata memberikan dampak luar biasa hingga sekarang. Imbuh beliau, manfaatkan momen kesempatan menjadi pengurus DENTRI sebaik-baiknya agar kelak menjadi ilmu yang bermanfaat di kemudian hari.

Pesantren Modern al-Amanah