Info Terbaru
Friday, 18 Oct 2024
  • Vlog Ramadhan Pengasuh Tersedia Pada Kanal Youtube Santri Kita
2 January 2020

Ribuan Santri Pondok Junwangi Ikuti Shalat Gerhana Matahari

Thursday, 2 January 2020 Kategori : Kegiatan Santri

Hari ini, 26 Desember 2019 Pesantren Modern Al Amanah menggelar shalat gerhana matahari. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika bahwa pada hari ini terjadi fenomena alam, Gerhana Matahari Cincin.

Pelaksanaan shalat gerhana matahari tersebut berjalan penuh khidmat dan lancar. Acara diawali dengan shalat dhuhur berjama’ah, dilanjutkan dengan shalat sunnah gerhana matahari. Bertindak sebagai Imam (Ustadz Suparman, M.Pd), Khatib (Ustadz Athoillah, S.Hum), dan Bilal (Maulana Nafi’, santri kelas XII aliyah). Dalam khutbahnya, Ustadz Athoillah,S.Hum selaku khatib mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa berdzikir, bertasbih, dan berdo’a ketika terjadi gerhana. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa gerhana matahari merupakan tanda kekuasaan Allah dan juga salah satu tanda hari kiamat. “Namun,tanda kiamat yang paling dahsyat adalah manakala kita sudah mulai meninggalkan para ulama’. Jika sampai itu terjadi, maka Allah akan mencabut segala keberkahan dalam diri kita”, lanjut Ustadz Athoillah dalam khutbahnya.

Tentu pelaksanaan acara ini menjadi pengalaman belajar tersendiri bagi para santri. Mereka jadi lebih memahami bagaimana tata cara pelaksanaan shalat gerhana. Inilah sebenarnya yang menjadi tujuan utama pendidikan, tidak hanya sekadar  memberikan wawasan keilmuan tetapi juga mendekatkan mereka dengan praktik keilmuan itu sendiri.

193 Comments

Tinggalkan Komentar