Info Terbaru
Friday, 09 Dec 2022
  • Vlog Ramadhan Pengasuh Tersedia Pada Kanal Youtube Santri Kita
7 November 2022

Ribuan Santri Al Amanah Khidmat Ikuti Upacara Hari Santri

Monday, 7 November 2022 Kategori : Kegiatan Pesantren

Hari ini, 22 Oktober 2022 adalah harinya para santri. Seluruh santri di penjuru negeri memperingatinya dengan berbagai cara. Termasuk para santri Pesantren Modern Al Amanah. Kami menggelar upacara peringatan Hari Santri di lapangan “Mahsyar” milik pesantren.

Ribuan santri tampak khidmat mengikuti rangkaian prosesi upacara. Dalam upacara tersebut, KH. Nurcholish Misbah menyampaikan beberapa pesan penting. Beliau berpesan bahwa Hari Santri merupakan momen yang harus dijadikan momentum. Beliau meminta para santri untuk mencatat rapat dan menyimpan dalam lubuk hati yang paling dalam.

Yang pertama, santri harus bersyukur dilahirkan sebagai seorang santri karena:

  1. Santri memiliki akidah, keimanan ala ahlus sunnah wal jamaah;
  2. Santri selalu memiliki semangat untuk tafaqquh fiddin;
  3. Santri selalu punya semangat untuk hidup sederhana;
  4. Santri memiliki kecintaan yang luar biasa kepada negara dan bangsanya;
  5. Santri memiliki visi jauh ke depan.

Yang kedua, santri harus senantiasa menyadari bahwa ujian akan selalu datang. Para santri dari masa ke masa menerima ujian dari Allah. Namun, mari kita lihat bagaimana para pendahulu kita tetap menjaga semangat dalam menghadapi ujian yang diberikan Allah.

Selain itu, Beliau juga menyerukan bahwa seorang santri tidak pernah diajarkan untuk melawan, menistakan pemimpinnya. Santri tidak pernah diajarkan kebencian. Santri diberikan kesadaran untuk menerima perbedaan.

Di akhir pidatonya, KH. Nurcholis Misbah berpesan agar para santri terus bergerak melakukan kebaikan dan perubahan tanpa pamrih.

Upacara ditutup dengan beberapa penampilan spektakuler diantaranya: parade bendera, marching band oleh Kinanah (Kiswah Nada Al Amanah), tari Ratoe Jaroe oleh 800 santri, dan penampilan para Da’i muda Al Amanah.

Selamat Hari Santri

Pesantren Modern Al-Amanah

No Comments

Tinggalkan Komentar