Info Terbaru
Friday, 23 Feb 2024
  • Vlog Ramadhan Pengasuh Tersedia Pada Kanal Youtube Santri Kita
7 January 2024

Studi Banding Yayasan Islam H. Abdul Manan Demak

Sunday, 7 January 2024 Kategori : Kegiatan Pesantren

Pesantren Modern Al-Amanah menjadi tempat yang menarik bagi sekolah dan lembaga pendidikan lain untuk dikunjungi dan dijadikan pilihan tempat studi banding. Yayasan Islam H. Abdul Manan Demak menjadi tamu kesekian yang disambut hangat oleh Pesantren Modern Al-Amanah. Senin (13/11), bertempat di Pendopo Giri Kedaton, acara penyambutan digelar. Sebanyak 150 siswa dan 25 guru rela jauh-jauh hadir untuk menimba ilmu dan pengalaman di Pesantren Modern Al-Amanah.

Selaku ketua rombongan, Ustaz Abdul Ghoni, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan studi banding ke Pesantren Modern Al-Amanah ada 3 hal. Pertama, untuk mengetahui kurikulum yang diterapkan di pesantren, bagaimana cara memadumadankan kurikulum pemerintah dan pesantren sehingga mampu membentuk karakter santri. Kedua, Bagaimana metode mengajar para asatiz/zah sehingga mampu mencerminkan gambaran keberhasilan pendidikan. Ini terbukti dari sikap santri saat menyambut tamu ditunjukkan dengan pelayanan yang luar biasa. Ketiga, bagaimana organisasi santri yang diterapkan mampu melatih dan memberikan bekal mereka di kemudian hari.

Setelah acara penyambutan selesai, peserta studi banding diberikan kesempatan untuk melihat langsung lingkungan pesantren. Mereka dapat menyaksikan bagaimana Pesantren Modern Al-Amanah menjalankan program pendidikan yang holistik, tidak sekadar fokus pada aspek akademis, tetapi juga nonakademis, pengembangan karakter, kemandirian, dan penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

Diskusi dan tanya jawab antara peserta studi banding dengan pengurus pesantren menjadi momen yang menarik dalam kegiatan ini. Melalui dialog ini, para peserta studi banding mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan keberhasilan yang dihadapi oleh Pesantren Modern Al-Amanah. Pengalaman ini diharapkan menjadi inspirasi dan bahan refleksi bagi Yayasan Islam H. Abdul Manan Demak untuk mengembangkan diri dan terus berlatih agar bisa lebih baik. Melalui kegiatan ini juga diharapkan terjalin hubungan yang erat antara kedua Lembaga yang memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang berkelanjutan. SMR.

Pesantren Modern al-Amanah