Info Terbaru
Friday, 14 Jun 2024
  • Vlog Ramadhan Pengasuh Tersedia Pada Kanal Youtube Santri Kita
9 January 2024

Pesan Nasihat Bapak Pengasuh

Tuesday, 9 January 2024 Kategori : Kegiatan Pesantren

Pembelajaran semester 1 telah paripurna dilaksanakan. Tentu ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dan menjadi evaluasi semua pihak. Setelah penutupan pembelajaran semester 1 dilaksanakan, saatnya para santri “pulang” sebentar untuk memaknai libur semester 1 bersama orang tua dan keluarga tercinta.

Pagi ini, Kamis (14 Desember 2023), para santri dan seluruh dewan Asatiz/zah menerima pesan nasihat Bapak Pengasuh. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta dilanjut dengan acara inti yaitu pesan nasihat. Sebelum Bapak (begitu panggilan kami kepada Pengasuh Pesantren Modern Al-Amanah) memulai pesan nasihat, beliau memimpin bacaan istigasah. Beliau menuturkan, selain berbekal kecerdasan dalam bidang akademis, seorang santri harus mempunyai bekal spiritual salah satunya dengan membaca istigasah.

Esensi pesan nasihat Bapak Pengasuh pagi ini di antaranya:
a. Para santri harus bisa memanfaatkan waktu 15 hari ini dengan sebaik mungkin. Harus belajar menentukan pilihan dan membuat keputusan serta menjadikan momen liburan dengan penuh makna.

b. Bapak dan Ibu Pengasuh menyampaikan salam kepada seluruh orang tua yang tentu menjadi bagian dari keluarga besar Pesantren Modern Al-Amanah.

c. Pesantren adalah tempat pengabdian seluruh civitas pesantren kepada Allah. Lakukan ibadah yang terbaik semata untuk mencari keridaan Allah.

d. Bahwa yang memberikan ilmu, manfaat, dan barokahnya adalah Allah. Kita tidak pernah tahu kepada siapa hal istimewa itu diberikan. Belum tentu kepada santri yang tekun belajar, namun abai dengan lingkungan. Bisa jadi hal tersebut diberikan justru kepada santri yang peka terhadap lingkungan dan takzim kepada guru. Akan lebih indah apabila santri mampu menyeimbangkan keduanya, tekun, peka lingkungan, serta takzim.

Selamat menikmati kebersamaan bersama keluarga untuk seluruh santri. Manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Kembalilah ke pesantren dengan membawa semangat yang membara. L.A.

Pesantren Modern al-Amanah